Jumat, 30 September 2011

Diabetes Melitus

Diabetes Melitus (Atau Yang Lebih Dikenal Dengan DM) adalah keadaan hyperglikemia (kadar - gula darah tinggi) yang kronik disertai berbagai kelainan metabolik akibat gangguan hormonal.

Akibat gangguan hormonal tsb dapat menimbulkan komplikasi pada  mata seperti katarak ,ginjal (nefropati) ,saraf dan pembuluh darah. Ada dua type DM  ,yang pertama adalah yang tergantung dengan insulin ,type ini biasanya disebabkan karena destruksi dari sel beta langerhans akibat proses auto imu

Sedangkan type yang kedua adalah DM yang tidak tergantung pada insulin akibat dari kegagalan relatif sel beta langerhans.

Gejalanya :
Biasanya akan terdapat gejala banyak buang air kecil ,terutama pada malam hari ,sehingga penderita akan berulang kali bangun sebelum pagi hanya untuk ke kamar kecil.
Selain itu juga akan merasa cepat lapar dan akan merasa lapar lagi walau belum beberapa lama. Merasa haus walau belum beberapa lama kamu minum .
Gejala lain yang sering juga dikeluhkan adalah sering kesemutan gatal ,mata kabur sehingga  cepat gati kacamata , disfungsi ereksi ,gatal-gatal pada vulva vagina. Banyak makan tapi badan menjadi kurus  ,orang gemuk dengan cepat menjadi kurus.

Pemeriksaan Penunjang:

Biasanya Dokter akan mengaunjurkan pemeriksaan gula darah puasa ,untuk menentukan kadar gula dalam darah.
Gula darah puasa ,normal  <  110  mg/dl
2 jam sesudah makan  normal  < 200  mg/dl

Bila nialai hasil pemeriksaan laboratorium lebih tinggi dari angka normal  ,maka ia dapat dinyatakan menderita DM.

Pengobatan :
Bila hasil laboratorium gula darah tidak terlalu jauh dari angka normal , maka dokter akan menganjurkan diet rendah kalori terlebih dahulu dan olah raga secara teratur. Bila telah melakukan diet dan olah raga kadar gula darah masih juga tinggi  ,maka biasanya  dokter akan memberikan obat anti diabet atau OAD. Obat-obat Diabet yang beredar dipasaran al : Daonil , Amaryl Glucophage  , Diamicron dsb.

tentunya ini hanya Dokter yang boleh meresepkannya.
JANGAN SEMBARANG MINUM OBAT ANTI DIABET  !!! tanpa rekomendasi dari Dokter ,karena dapat berakibat FATAL !!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar