Rabu, 27 Juli 2011

PBB Kembali Tunda Rilis Laporan Serangan Israel Terhadap Kapal Bantuan Kemanusiaan

New York (SI ONLINE) - PBB kembali menunda dirilisnya laporan mengenai penyerangan yang dilakukan tentara Israel sehingga menewaskan sembilan aktivis Turki dalam kapal bantuan yang menuju Gaza tahun 2010 lalu sampai menjelang akhir Augustus. 

"Kami telah memutuskan untuk menunda pengumuman laporan ini hingga Agustus," ujar Juru Bicara PBB, Farhan Haq, Selasa (26/7/2011).

Menurut Farhan, PBB mengukuhkan penangguhan itu pada hari Senin dengan tujuan memberikan tambahan waktu kepada Israel dan Turki waktu untuk menyelesaikan perselisihan mereka.

Laporan itu seharusnya diumumkan pada 8 Juli lalu, tetapi diundur hingga 27 Juli. Laporan media Israel mengutip seorang pejabat tinggi Israel mengatakan pemerintahnya telah memohon penangguhan 3 minggu (20/8/2011) untuk memungkinkan kedua pihak meneruskan perundingan ke arah peredaan dalam hubungan mereka. 

Pada Mei 2010, pasukan khusus Israel menyerang kapal Turki yang memimpin armada kapal yang berupaya untuk menghentikan embargo angkatan laut Israel terhadap Jalur Gaza.

Turki dengan tegas menyatakan bahwa hubungan kedua negara hanya dapat dipulihkan jika Israel meminta maaf atas tragedi itu. 

Namun Israel menolak meminta maaf dengan alasan bahwa komisi penyelidikan PBB yang dipimpin oleh bekas perdana menteri Selandia Baru Brian Palmer menyatakan bahwa blokade Gaza oleh Israel itu sah.



SOURCE : http://suara-islam.com/news/berita/internasional/3368-pbb-kembali-tunda-rilis-laporan-serangan-israel-terhadap-kapal-bantuan-kemanusiaan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar