Senin, 23 Januari 2012

Tips Menghindari Nyeri Pergelangan Tangan saat Beraktivitas Menggunakan Komputer

Di era digital ini, sudah banyak sekali perkerjaan/aktivitas yang mengharuskan kita untuk menggunakan komputer. Namun, sadarkah Anda bahwa terlalu sering menggunakan komputer menyebabkan beberapa efek samping yang buruk? Terutama jika kita terus menanggapinya dengan “cuek”, hal tersebut, walaupun awalnya hanya masalah kecil, dapat menjadi masalah yang cukup fatal. Salah satu efek samping yang akan dibahas kali ini adalah seperti yang tertulis pada judul di atas, nyeri pada pergelangan tangan.

Coba rekan-rekan se-Jagat melihat pergelangan tangan masing-masing, apakah terdapat tanda coklat/warna kulit yang lebih gelap pada bagian tersebut, terutama pada tangan kanan yang memegang mouse, atau tidak? Perhatikan 2 gambar di bawah ini:

Pergelangan tangan normal

Pergelangan tangan akibat terlalu lama menggunakan mouse

Nah, bila ada rekan-rekan se-Jagat yang memiliki tanda tersebut, tetapi belum merasakan adanya nyeri pada pergelangan tangan, lebih baik segera menindak lanjutinya agar tidak menimbulkan rasa nyeri di kemudian hari. Berikut ini ada 5 tips yang bermanfaat untuk menghindari nyeri pada pergelangan tangan yang dikarenakan terlalu sering menggunakan komputer.

1. Gunakan Soft Mousepad

Dengan menggunakan mousepad yang lembut, pergelangan tangan kita jadi memiliki alas yang empuk untuk dijadikan tempat bertumpu.

2. Jangan menggunakan mouse yang berukuran terlalu kecil

Saat menggunakan mouse yang ukurannya terlalu kecil, bagian pergelangan tangan kita akan lebih banyak menggesek alas tempat mouse itu diletakkan. Selain itu, pergelangan tangan dan jari kita akan lebih cepat lelah jika menggunakan mouse yang terlalu kecil karena “grip” telapak tangan kita terlalu besar saat menggunakan mouse tersebut.

3. Biasakan duduk dengan posisi yang benar

Duduklah dengan tegak dan pendangan yang lurus ke arah monitor. Kebanyakan orang menganggap duduk dengan posisi yang benar itu sangat melelahkan. Jangan salah, duduk rileks bukan berarti duduk dengan posisi yang tidak benar. Kadang kebanyakan orang duduk miring-miring dengan posisi lengan yang tidak sesuai untuk mendapatkan posisi rileks, tetapi hal itu justru malah membuat bahu dan lengan membebani pergelangan tangan sebagai titik tumpu.

4. Gunakan keyboard yang memilik handrest

Sama seperti soft mousepad, dengan menggunakan keyboard yang memiliki handrest, pergelangan tangan kita jadi memiliki alas yang nyaman untuk bertumpu.

5. Beristirahatlah saat sudah lelah

Jangan memaksakan diri walaupun pekerjaan tersebut butuh cepat diselesaikan. Lebih baik beristirahatlah sebentar untuk menghilangkan rasa pegal atau lelah jika sudah terlalu lama menggunakan komputer. Everything has its limit.

Tips-tips di atas cukup penting untuk diingat, terutama bagi rekan-rekan se-Jagat yang memiliki rutinitas yang mengharuskan menggunakan komputer dalam waktu yang lama. Memang pekerjaan itu penting dalam keseharian kita, tapi jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan tubuh.

sumber: http://www.jagatreview.com/

1 komentar:

Aneh Gan mengatakan...

saya juga punya tanda itu gan .,, wkakakakaa

Poskan Komentar