Rabu, 28 Desember 2011

Cara Membuat Mp3 Biasa Menjadi Karaoke - Mp3 To Music Karaoke Converter

Cara Membuat Mp3 Biasa Menjadi Karaoke - Mp3 To Music Karaoke Converter - Beberapa hari yang lalu neeshaQ minta bantuan buat mp3 to karaoke, atau gimana caranya menghilangkan vocal mp3 supaya tinggal musiknya ajah..??, setelah bertanya kepada om google, ternyata banyak sekali software untuk vocal remover. Tapi kali ini saya akan coba share cara mudah vocal remover menggunakan software bebas/open source Audacity.
Tested with Audacity 1.3.9.
Lets start.. Tutorial Penggunaan Audacity :

1. Download Audacity
Silahkan download audacity, pilih yang sesuai dengan OS anda.
Kalau di Ubuntu box saya cukup dengan (he2..);
root@spydeeyk-r00m:~# apt-get install audacity
Saya asumsikan anda telah berhasil install Audacity yang sudah di download, gampang tho..?? :)

2. Buka program Audacity dan Import mp3 yang akan di jadikan karaoke file
Pilih file mp3 yang akan di remove vocalnya, pada contoh ini saya akan menggunakan mp3 nya Iwan Fals Izinkan Aku menyayangimu, seperti yang terlihat pada gambar. next..

3. Remove vocal
Sekarang kita remove vocal mp3 nya dengan plugin audacity-Vocal remover, lihat gambar..
Pada gambar diatas.. jika anda tidak mengerti opsi pilihan yang ada seperti saya.., gunakan yang default saja, seperti gambar,
Remove vocals or view help : Remove vocal
Removal choice : Simple …
Proses vocal diremove dari mp3, biarkan selesai..
Bila telah selesai anda bisa mencoba hasilnya dengan meng-klik tombol play. Untuk eksplorasi lebih lanjut bisa dengan effect amplify (Effect –> Amplify), silahkan berkreasi masing2.. :D

4. Save File
Tambahkan meta data yang di inginkan..
Save file.. saya memilih disave as mp3, lebih kecil filesizenya..

Catatan:
1. File mp3 yang akan diremove vocalnya harus stereo, dapat dilihat di box sebelah kiri file mp3 yang dibuka pada audicity.

2. Vokal pada mp3 tidak dapat diremove sepenuhnya.., klo boleh saya bilang hanya di kecil-in aja suara vocalnya, so.. masi kedengaran gitu dech.., saya belum menemukan software yang benar-benar remove vocal benar-benar clean.. klo ada yang tau tolong kasi tau saya yah.. :D . Tapi setidaknya software ini cukuplah untuk membuat file mp3 karaoke :)

Contoh File Mp3 yg Sudah Di Convert Ke Karaoke Bisa Di Download Disini
File original: Download Sini!
File yang telah diremove vocalnya: Download Sini!
Jika ada yg Bermasalah Mungkin Bisa Membantu Anda Dibawah Ini :

- Audacity for Windows 2000/XP/Vista/7
->Download Here<-

- Untuk yang tidak menemukan plugin vocal remover
LADSPA plug-ins 0.4.15 installer Download Here
- Untuk yang tidak bisa save as MP3
- Import and export many additional audio formats such as AC3, AMR(NB), M4A and WMA, and to import audio from video files.
- Plugin lainya: Lihat disini.
Info lebih lanjut silahkan lihat disini.
sumber : http://hariscorner.com/bagaimana-membuat-mp3-to-karaoke-menghilangkan-vocal-mp3/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar