Jumat, 28 Oktober 2011

Pengetahuan Tidak akan Berarti Sebelum Dipraktikan

Kadang Seseorang berfikir Memiliki banyak Pengetahuan saja sudah cukup , Tetapi mereka tidak tahu bahwa Segala yang Mereka Ketahui apabila tidak Di Praktekan akan Menjadi Sesuatu Hal Yang Sia-Sia.

Ada Sebuah Cerita Tentang Sang Profesor dan Seorang Nelayan

Pengetahuan Tidak Akan Berarti Sebelum Di Praktekkan - Suatu saat ada seorang professor yang sedang ingin melakukan penelitian disebuah rawa untuk mencari spesies - spesies langka disana. Namun untuk mencapai kesana professor itu harus melewati sungai, dipanggillah seorang nelayan disana. Sesaat ketika sedang berlayar menuju hutan tersebut sang professor yang memiliki banyak gelar ini bertanya kepada Nelayan itu. "Apakah kamu mengetahui apa itu Biologi?". Sang nelayanpun menjawab dengan polosnya "Makanan untuk ikan ya pak?", dengan tertawa terbahak - bahaknya professor menjawab "Kamu sudah kehilangan 20% hidup anda."

Seketika itu juga professor mulai bertanya lagi kepada nelayan tersebut "Apakah kamu mengetahui apa itu Fisika?". Sang nelayanpun kembali menjawab dengan jawaban sama sebelumnya "Apa lagi itu? Makanan ikan kah?", sang professorpun tertawa lagi dengan sekeras - kerasnya sambil mengatakan "Kamu sudah kehilangan 50% hidup anda."

Pertanyaan ketigapun dilayangkan ke nelayan itu lagi "Pastinya kamu tahu dong apa itu Kimia?". Sang nelayan kembali menjawab dengan polos "Pasti bukan makanan ikan ya pak?" Professor kembali lagi tertawa dan mengatakan "Kamu sudah kehilangan 80% hidup anda."

Ketika sedang asyik - asyiknya tertawa sambil meledek sang nelayan tersebut tiba - tiba kapal tersebut mengalami goncangan dan sang professorpun terjatuh kesungai sambil berkata "Tolong - tolong, saya tidak bisa berenang!". Sang nelayanpun berkata dengan lantangnya "Apakah bapak bisa berenang?", sang professorpun menjawab "Saya tidak bisa berenang". Lalu sang nelayan kembali menjawab "Anda sudah kehilangan 100% hidup anda sekarang!".

Dari kisah diatas bisa dibilang kalau kita memiliki ilmu pengetahuan dan teori - teori tapi kita tidak mempraktekkan ilmu tersebut sama saja ilmu kita tidak berguna. Bahkan albert einsteins berkata “Informasi bukanlah pengetahuan. Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman.” Jadi sebenarnya barometer pengetahuan kita tidak diukur dengan apa yang kita ketahui akan tetapi apa yang kita lakukan.

2 komentar:

Anonymous mengatakan...

Btul Itu .. Hahaha

Hendra Suherman mengatakan...

Iya .. Kadang Orang Emang Begitu ...
Punya Banyak Skill Tapi Gak Bisa Ngepraktekin Skill yang Berguna ...

Poskan Komentar