Minggu, 30 Oktober 2011

Apa Itu Kepemimpinan - Motivasi Menjadi Pemimpin yang Sukses

Apaitu Kepemimpinan ?
Kepemimpinanadalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnyadalam upaya mencapai tujuan organisasi. Mungkinsebagian dari Anda bingungtentang pernyataan ini, atau mungkin tidak setuju dengan pernyataan ini, nahuntuk itu mari kita bahas satu persatu, kata demi kata , mengenai pernyataanini.

Kepemimpinanadalah Proses Mempengaruhi
Maksudnya apa? Kenapa bisa dikatakan bahwakepemimpinan adalah proses mempengaruhi, emangnya sales,hahaha, tapi benar ini serius kawan. Kalau kita mau menjadi pemimpin kita harusdapat meyakinkan orang lain. Bagaimana cara agar kita dapat meyakinkan oranglain? . Hal yang pertama kali yang harus kita lakukan adalah meyakinkan dirikita sendiri.
Suatu ketika di Padang – Sumatra baratakan terjadi gempa , ada seorang ketua RT disana bernama pak asep, beliaudiberitahukan lewat telepon oleh BMKG bahwa di padang akan terjadi gempa jam 8malam , saat itu masih jam 1 siang, beberapa menit kemudian, datang lagitelepon dari BMKG bahwa memberitahukan berita itu ternyata salah, pak asep punmerasa lega dan senang mendengar bahwa ditempatnya tidak terjadi gempa,berselang 1 jam pihak BMKG pun menelepon lagi dan memberitahukan bahwa padangakan terjadi gempa, pak asep pun kesal dan menanyakan pertanyaan yang konyol sepertiini “ini jadi gempa gak sih ? jadi, jadi,enggak enggak, jangan bikin bingung napa ?” Kemudian pihak BMKG pun meminta maaf dan beralasan bahwa “memangpendeteksi gempanya yang demikian pak, selalu berubah-ubah, kadang menunjukanciri-ciri akan terjadi gempa, kemudian hilang, kemudian muncul lagi, kemudiandatang lagi, kami saja bingung pak, mungkin ini bawaan alam”.
Dari cerita diatas kita dapatmempelajari bahwa menjadi pemimpin adalah tanggung jawab yang besar, tidakdapat main-main, banyak orang yang mengharapkan kita, selain itu pemimpin jugaharus memiliki sikap yang percaya diri , dan yakin , karena ia memilikitanggung jawab yang besar dalam memikul beban anggotanya. Kalau pemimpinnyasaja tidak yakin apalagi bawahannya , iya nggak?
Keyakinan memang diperlukan untukmenjadi seorang pemimpin, karena pemimpin adalah seseorang yang yakin bahwasesuatu yang dikerjakannya itu akan berhasil, bagaimana supaya sesuatu yangdikerjakannya itu akan berhasil, saya punya tips tentang hal ini, jika anda mempunyairencana tentang sesuatu, misalnya andaingin rangking 1, mungkin itu suatu keinginan yang  sulit dan akan susah dicapai, pada awalnya. Lalubagaimana agar dapat mencapai suatu rencana yang tidak masuk akal? Apakah kitaboleh memiliki mimpi yang tidak masuk akal? Tentu saja boleh, dan sebenarnyaitu sah-sah saja, “gue gak bakalanbisa ndra, saingan gue berat, gila lo, gueaja gak pernah belajar, gue ajagoblok, massa bisa sih dapet rangking 1” mungkin itu adalah salah satu katayang akan kita dengar jika kita menanyakan “Apakah Anda mempunyai mimpi untukRangking 1” tidak ada yang tidak bisa kita dapatkan didunia ini jika kita mauberusaha, sebenarnya sesuatu yang sulit itu tidak sebenarnya sulit, nahmaksudnya apa ini? Semuanya tergantung pada diri kita sendiri, kita yangmerespon segala sesuatunya dengan diri kita,

Rencanakan secara Detail dan Jelas
Ingat bahwa kita harus yakin, nahuntuk itu jika keinginan kita yang sulit mau tercapai, pada awalnya kita harusmembuat perencanaan yang jelas tentang apa yang ingin kita kerjakan, maksudnyaadalah suatu rencana rencana yang jelas yang dijabarkan secara detail, sedetailmungkin, sampai sekecil-kecilnya. Boleh kita bermimpi yang tidak masuk akaltapi kita harus membuat rencana yang masuk akal agar mimpi tersebut menjadimasuk akal untuk dicapai.
Contoh tadi, jika anda ingin rangking1, apa yang harus Anda lakukan, mungkin yang pertama Anda harus mencoba untukmengerti, atau membiasakan untuk ingin tahu (ini dalam kata lain berartibelajar, hehehe, tapi dalam kamus saya belajar saya ganti menjadi mengerti daningin tahu) lalu belajar apa? Ya tentu saja pelajaran-pelajaran yang adadisekolah, seperti : mtk, fisikia, ipa, b.indonesia, b.inggris dan lainsebagainya. Lalu bagaimana cara kita belajar? Ya bisa dengan cara belajarsendiri dirumah, mengikuti les atau bimbel, les online diwatchinginfo.blogspot.com ataupun yang lainnya terserah Anda, mungkin andakesal, apaan sih belajar-belajar, masih muda, masih pengen senang-senang, ntaraja kalau udah tua. Semua orang pasti banyak yang berfikir seperti itu,kebanyakan dari kita masih berfikir bahwa massa muda adalah massa untukbersenang-senang, tapi ingat kawan “bersakit-sakit dahulu bersenang-senangkemudian” Anda pasti merasa tidak nyaman, tapi ketidaknyamanan membuat andatumbuh menjadi seseorang yang sukses. Sesuatu yang anda tuai saat ini adalahsesuatu yang akan anda dapatkan dimassa depan.

Pemimpinadalah Teladan bagi bawahanya
Oke, selanjutnya dari kata yang keduadari definisi kepemimpinan diatas adalah Memberi contoh dari Pemimpin kepadabawahannya. Nah pemimpin itu yang kedua adalah sebagai teladan, sebagai contoh,setelah anda yakin, memiliki keyakinan pada diri anda sendiri maka setelah ituanda harus memberikan contoh nyata kepada downline(bawahan)anda,
Ingat kawan, waktu yang paling baikuntuk memulai adalah sekarang,

Upaya mencapai tujuan organisasi
Nah jikaAnda sebagai Pemimpin, sudah bisa mempengaruhi bawahan anda , lalu sudah bisamemberikan contoh yang baik kepada bawahan Anda, Apakah semua itu sudah cukup? Tentusaja tidak, kenapa? Ya karena Anda belum mempunyai tujuan, ingat bahwa segalasesuatu harus mempunyai tujuan, Visi dan Misi yang jelas, percuma Anda sudahmemiliki kemampuan untuk mempengaruhi seseorang, dan sudah bisa memberikan contohkepada orang itu, tapi ketika orang itu mau diajak kerja sama, kita tidakmempunyai tujuan, ibaratnya “pulang dengan tangan hampa” , nah untuk itu Kitasebagai Pemimpin harus memiliki tujuan kita, buatlah tujuan Anda, untukdikerjakan bersama-sama dengan patner Anda. Mengapa dari definisi diatasmengatakan tujuan organisasi? Mungkin dari tadi Anda sudah bertanya-tanyamengenai hal ini, maksud dari tujuan organisasi adalah tujuan bersama “tujuan bareng-bareng”  jangan Anda buat tujuan pribadi, untukdiri Anda sendiri, buat tujuan bersama, secara organisasi sehingga dapatmencangkup seluruh keinginan bersama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar