Jumat, 22 Juli 2011

Polisi China Tembak Mati 6 Muslim Uighur Saat Demonstrasi

Beijing (SI ONLINE) - Sedikitnya duapuluh Muslim dari etnis minoritas Uighur, China terbunuh ketika bentrok dengan polisi saat melakukan demonstrasi menuntut dibebaskannya para pria dari komunitas mereka, Selasa (19/7/2011).

Menurut Kongres Uighur Duni, pasukan kamanan Cina memukuli 14 orang hingga tewas dan menembak mati 6 yang lain dalam kerusuhan.

Sementara jumlah korban meninggal mencapai 20 orang dan 70 orang lainnya ditahan ketika polisi melepaskan tembakan setelah sekitar 100 orang massa Uighur turun ke jalan untuk protes terhadap penahanan para pria muda dari komunitas mereka.

Para demonstran yang merupakan pendukung para tahanan tersebut berkumpul di stasiun dan mendesak pemerintah lokal untuk melepaskan keluarga dan teman mereka.

Sekretaris jendral Kongres Uighur, Dolkun Isan, mengatakan penahanan itu dibuat ketika polisi keamanan melakukan tindakan keras di rumah-rumah warga Uighur. 

Namun karena pemerintah lokal menolak memberi jawaban, massa pun marah dan menyerang kantor polisi yang menyebabkan tewasnya 20 orang dari kelompok Uighur.

Bentrok pada Selasa lalu adalah kekerasan terburuk di Xinjiang yang dialami selama satu tahun terakhir. Pada Juli 2009, di Urumqi, ibu kota Xinjiang meletus kekerasan ketika sebagian besar Muslim Uighur melakukan penolakan terhadap pelarangan-pelarangan pemerintah Cina di kawasan tersebut.


source : http://suara-islam.com/news/berita/internasional/3320-polisi-china-tembak-mati-6-muslim-uighur-saat-demonstrasi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar